Senin, 23 Juli 2007

Iiiiiiiiiiihhhh kok air liur sich???

Kemaren sempat terjadi pertengkaran sengit antara saya dan suami tercinta soal “benernya ada gak sich gunanya air liur….”

Waktu kami sedang berjalan-jalan melihat lokasi pembangunan rumah, kaki suami saya terkena paku dan mengeluarkan darah...lalu saya bilang ”diolesin air liur aja..”
Suami malah tertawa…dia bilang “kamu ini aneh-aneh aja…”

Hmmm saya jadi penasaran..benernya ada gak sich manfaat air liur itu ?
Berikut saya kumpulkan dari beberapa sumber :

Suatu penelitian mengungkapkan bahwa di dalam mulut tidak ada bakteri jahat. Hal itu disebabkan oleh kekuatan dari air ludah. ”Suatu kekuatan sebagai daya tangkal. Artinya, sebelum virus atau bakteri masuk ke tubuh manusia, sudah ditangkal. Kalau kita kalah, maka menyebabkan jatuh sakit,” kata Presiden Direktur PT Enzym Bioteknologi.
Daya tangkal pertama adalah air mata. Seandainya virus dan bakteri masuk, lalu hanya dengan berkedip, maka bakteri atau virus akan hilang. Selain itu, cairan di vagina juga berfungsi sebagai daya tangkal.

Tujuannya sama, yakni agar bakteri dan virus tidak bisa masuk ke dalam organ wanita tersebut. Tidak hanya sampai di situ, daya tangkal terbesar justru berasal dari air liur manusia. Mengapa demikian? Karena penyakit manusia 90 persen terjadi melalui mulut. Hanya 1–2 persen masuk melalui bagian tubuh yang lain. Bagaimana bila manusia tidak punya ludah? ”Hanya dalam 2 minggu sampai 1 bulan tanpa adanya air liur, akan membuat manusia meninggal”.

Saat baru dilahirkan, bayi belum mengeluarkan air liur hingga berusia 1 bulan. Selanjutnya setelah satu bulan, bayi akan mengeluarkan air liur. Ada bayi yang dapat mengendalikan air liur, tapi sebagian lain tidak bisa sehingga menjadi seperti ileran. Bayi yang suka ileran umumnya punya daya tahan tubuh lebih kuat. Sebagai contoh, bayi sering kali mengambil benda yang kotor dari tanah lalu dimasukkan ke mulutnya. Herannya bayi tidak sakit. Hal ini dikarenakan dia punya pelindung alamiah dari air liur yang sudah keluar.

Contoh lain yang mungkin sudah menjadi kebiasaan sejak zaman dahulu, yaitu ketika ada bagian jari-jari kita yang terluka potong, maka secara naluriah akan mengisap luka tadi ke mulut, itu bukan monopoli manusia saja. Begitu pula dengan hewan, seperti kucing, monyet, dan anjing juga membasuh luka dengan air liur. Di sinilah air ludah bekerja. Air ludah sebagai pelindung alamiah mempunyai dua fungsi. Pertama, berfungsi melindungi seluruh penyakit gigi dan mulut. Kedua, yang juga merupakan fungsi terbesar adalah melindungi seluruh tubuh manusia dari penyakit. Bayi memperoleh sistem antibakteri secara otomatis ketika berusia 1 bulan dari air liurnya.

Berdasarkan sebuah penelitian yang pernah dilakukan di Jepang pada 2001, 40 sampai 50 protein telah terdeteksi terdapat pada air ludah. Tiap protein punya fungsi yang berbeda-beda. Satu protein untuk menangkal debu, untuk sinar, dan untuk menangkal bahan kimia. Selanjutnya, dari 50 protein ini di dalamnya ada 3 protein yang khusus untuk mikroorganisme. Pertama bernama laktoperoksidase. Dia mempunyai kemampuan untuk membunuh atau mencegah pertumbuhan bakteri. Kemudian yang kedua adalah lisosin. Berasal dari kata lis yang berarti ‘melumerkan’. Dia selalu menyerang bakteri dinding selnya. Jadi kalau ada bakteri yang ketemu dengan lisosin, maka dinding sel bakteri akan melumer.

Kalau bakteri dan jamu ingin bertumbuh, maka memerlukan besi. Adapun kandungan laktoferin yang berasal dari kata fero yang berarti ‘besi’. Unsur ini dapat mengikat besi tadi dan mencegah bakteri patogen mendapatkan cukup air untuk bertumbuh. ”Itulah kunci daya tangkal manusia. Adanya di air mata, air liur, dan juga cairan di vagina”.

Selain sebagai daya tangkal tahan tubuh...kekurangan air liur bisa menyebabkan bau mulut loh...hati-hati...


Di saat mulut kering dan aktifitas saliva(air liur) di rongga mulut berkurang, maka oksigen di dalam rongga mulut juga akan ikut berkurang. Karena itu bakteri penghasil sulfur ini (seringkali bau mulut ini berasal dari aktifitas bakteri anaerob yang menyebabkan apa yang disebut dengan Volatile Sulfur Compound (VSCs), suatu senyawa yang berasal dari produksi kuman normal di rongga mulut, meningkat. Bakteri anaerob merupakan bakteri yang tidak memerlukan oksigen untuk hidupnya) biasanya akan berkembang menyebabkan gangguan terhadap senyawa tadi.

Hmmm ternyata ada juga yah manfaatnya...gak Cuma sebagai pengganti air klo kita kehausan karna nahan puasa :D

Sumber : Macem-macem dech




7 komentar:

  1. Ada juga koq Bu fungsinya air liur, yaitu untuk membuat gambar pulau saat tidur.. *halah* hihihihi :P

    BalasHapus
  2. cuma kebayang aja air liur yah bacin nya :D (kecuali air liur baby).
    blog nya menarik loh, salam kenal balik.

    BalasHapus
  3. Hihiihihi kayanya mas heri jadi harus sering2 ngejemur bantal klo mau menggambar pulau saat tidur biar gak bacin...

    BalasHapus
  4. asik asik nambah iLmu..
    makasih ya bunda ilmunya.
    yg jelas klo mnrt aLe gak ada di dunia ini yang gak berguna. karena Tuhan tidak akan menciptakan sesuatu yang 'Sia-sia'
    bukan begitu ^_^

    BalasHapus
  5. Betul banget nak aLe...
    *Sajak ngerasa tuwo banget je... :)*

    BalasHapus
  6. tuh, suami.. dengerin..!!

    BalasHapus
  7. Waaaaa tika udah punya suami baru yah pulang dari aceh...
    Selamat... ;P

    BalasHapus

Silahkan Berbagi...